Tahapan proses Amputasi Kaki

Tahapan proses Amputasi Kaki

Kaki Palsu – Melakukan prosedur amputasi memang menjadi jalan terakhir dari pengobatan, yang manan hal ini mengharuskan setiap pasien untuk menerima dampak dari prosedur amputasi ini. Walau begitu setiap prosedur akan di lakukandengan tepat dan terbaik yang akan memberikan proses penyembuhan maksimal. Tidak di pungkiri bahwa komplikasi luka amputasi akan terjadi namun hal tersebut bisa di minimalisir bila proses perawatan dan juga tahapan proses amputasi kaki di lakukan dengan tepat.

Amputasi kaki merupakan prosedur rawat inap yang dilakukan oleh dokter bedah vaskular atau ortopedi dengan pemberian bius total, tulang belakang, atau lokal. Simak berikut ini tahapan proses amputasi Kaki .

Setelah efek obat bius terasa, dokter bedah membuat sayatan di atas lutut, membagi otot, dan menutup pembuluh darah untuk menjangkau tulang. Lalu, tulang digergaji untuk membuat potongan yang rata. Setelah seluruh bagian tungkai dipotong, dokter bedah akan menjahit otot, yang dibentuk menjadi puntung sisa amputasi (stump) di sekitar tulang yang tersisa. Kemudian, kulit dijahit untuk menutupi otot. Amputasi ini membutuhkan waktu sekitar beberapa jam, tergantung pada kondisi setiap pasien. Apabila pasien mengidap diabetes, dokter perlu lebih berhati-hati untuk mencegah komplikasi.

Setelah amputasi, stump ditutup dengan perban agar tetap terlindungi selama penyembuhan. Tabung drainase juga dipasang untuk mencegah penumpukan cairan di area amputasi. Pasien diberi obat pereda nyeri, antibiotik, dan antikoagulan untuk mencegah komplikasi yang umum terjadi setelah pembedahan.

Setelah prosedur, pasien perlu mendapatkan pengawasan di rumah sakit selama 5-14 hari, tergantung pada kondisi kesehatan pasien secara keseluruhan. Apabila terjadi komplikasi, waktu menginap di rumah sakit akan diperpanjang.

Kemungkinan Komplikasi dan Resiko Amputasi Atas Lutut

Hingga saat ini, metode dan teknik yang digunakan untuk amputasi telah banyak berkembang. Akan tetapi, walaupun langka, komplikasi masih dapat terjadi. Beberapa di antaranya adalah:

  • Infeksi
  • Kurang baiknya proses penyembuhan stump
  • Pembengkakan yang tidak hilang atau berkurang setelah empat minggu
  • Sensasi seakan bagian tubuh yang diamputasi masih ada (phantom limb)
  • Pendarahan
  • Penggumpalan darah
  • Ulkus dekubitus atau luka terbuka pada kulit akibat tekanan
  • Kontraktur, yang terjadi saat jaringan lunak di bagian sisa amputasi mengencang dan menghalangi pergerakan sendi karena jarang digerakkan

Selain itu, pasien juga beresiko mengalami efek samping akibat penggunaan bius total atau tulang belakang. Resiko komplikasi pasca-amputasi dapat dipengaruhi oleh kebiasaan tertentu, seperti merokok dan minum alkohol, serta penyakit lain. Jika terjadi komplikasi, ada kemungkinan pasien akan membutuhkan amputasi ulang.

Anda tak perlu khawatir dalam menjadi prosedur amputasi, banyak yang berhasil melewati proses tersebut baik dari tahapan dan juga rehabilitasinya.

Apabila amputasi berhasil dilakukan, pasien perlu menjalani terapi fisik untuk mempelajari cara melakukan aktivitas sehari-hari setelah kehilangan anggota tubuhnya. Terapi fisik dirancang untuk memperkuat pinggul serta meningkatkan jangkauan gerak dan keseimbangan. Kebanyakan pasien amputasi perlu menjalani terapi fisik secara rutin selama satu tahun. Mereka juga dapat menjalani pelatihan mengenai cara bergerak dengan bantuan prostetik, jika digunakan. Alat prostetik dirancang dan dibuat berdasarkan kebutuhan, keinginan gerak, dan kondisi setiap pasien.

Di JOP Indonesia menawarkan ragam jenis dan desain kaki palsu telah mendukung kemudahan pasien agar bisa memiliki kaki palsu terbaik sebagai pengganti kaki yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, kondisi dan keinginan.  Tujuan pengguna  kaki palsu yaitu tidak hanya sebagai ganti hilangnya anggota badan seperti kaki atas lutut atau bawah lutut yang jelas tetapi juga mengakibatkan kerugian dalam fungsi, citra diri, karir dan hubungan dengan orang lain.

Memiliki kaki palsu yang mumpuni yang bisa mempermudah dalam melakukan aktifitas keseharian dan juga mendukung kepercayaan diri tentu menjadi keinginan setiap pengguna kaki palsu.

Baca juga : Proses pemasangan kaki palsu yang tepat

Temukan kaki palsu terbaik dengan melakukan pemesanan kaki palsu ke TIM JOP Indonesia. Untuk pemesanan bisa via online atau datang langsung ke tempat kami :

WORKSHOP PUSAT JOP Madiun

JL . Kalimosodo no 77, kelurahan Josenan, Kecamatan Taman, Kota MADIUN – Jawa Timur

WORKSHOP CABANG JOP Malang

Perum  Griya Banjar Arum Blok.C NO. 10 Boro Panggung RT 02 RW 16, Banjar Arum, Kacamatan Singosari, Kabupaten Malang – Jawa Timur

WORKSHOP CABANG JOP Solo

JL. Gedongan Raya, Desa Gedongan, Kec. Colomadu, Kab. Karanganyar – Jawa Tengah

Informasi selengkapnya silahkan hubungi 085 780 000 084 / 081 329 259 419 / 0351-465274 atau silahkan klik link utama kami jop.co.id atau gojop.com sebagai sarana untuk anda mendapatkan informasi mendetail macam produk dan harganya.

Baca juga : Kaki Palsu awet dan bergaransi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *