Proses Pemasangan Kaki Palsu yang Tepat

Proses Pemasangan Kaki Palsu yang Tepat

Kaki Palsu Madiun – Kaki Palsu menjadi satu-satunya alat yang tepat sebagai pengganti kaki yang hilang, hal ini tentunya mempermudah pasien yang mengalami kehilangan kaki dapat kembali lagi melakukan berbagai aktifitas keseharian dengan lebih mandiri.

Proses pemilihan dan pemasangan kaki palsu dilakukan di rumah sakit oleh tim rehabilitasi yang terdiri dari dokter spesialis ilmu kedokteran fisik dan rehabilitasi serta ahli pembuat anggota tubuh palsu (prostesis).

Biasanya pemasangan kaki palsu dilakukan beberapa minggu setelah operasi amputasi, tergantung pada kondisi kaki, luka, dan proses penyembuhan pascaoperasi. Sebelum kaki palsu terpasang, ada beberapa proses yang harus dilakukan, antara lain:

  • Memastikan kondisi kesehatan daerah sekitar kaki
  • Mengukur stump atau bagian pangkal yang akan dipasang kaki palsu, agar ukuran kaki palsu pas dengan ukuran tubuh pasien
  • Membuat cetakan kaki dari plester
  • Mendesain soket atau penyangga, agar pasien merasa lebih nyaman
  • Menambahkan poros pada calon kaki palsu
  • Memperindah calon kaki palsu agar sesuai dengan estetika tubuh

Tepat sebelum pemasangan kaki palsu, biasanya akan dilakukan desensitisasi pada kulit di sekitar stump. Desensitisasi adalah proses untuk mengurangi tingkat sensitivitas kulit di sekitar stump, agar kaki palsu bisa lebih nyaman dipakai.

  • Proses desensitisasi dilakukan sebagai berikut:
  • Kulit yang menutupi stump ditekan-tekan menggunakan kain yang lembut.
  • Stump dibalut menggunakan perban untuk mengurangi pembengkakan dan mencegah penumpukan cairan di sekitar stump.
  • Kulit di sekitar tulang ditarik dan digosok perlahan-lahan untuk menghindari terbentuknya jaringan parut yang berlebihan.
  • Untuk membiasakan diri dengan kaki palsu sekaligus memperkuat otot-otot yang tersisa, biasanya pasien perlu menjalani fisioterapi dan serangkaian program latihan fisik. Melalui program ini, dokter dan ahli fisioterapi bisa membantu Anda untuk terbiasa menggunakan kaki palsu dan bisa beraktivitas dengan lebih nyaman.

Kaki palsu jenis ini dibuat dengan tujuan agar pasien dapat menggunakan kaki palsu modern dengan harga murah. Selain merasakan manfaat kaki palsu secara umum, pasien juga akan tampil lebih percaya diri.

Mendapatkan prosthesis terbaik anda bisa hubungi JOP Indonesia, lakukan konsultasi detail dan seksama agar jenis maupun desain bisa tepat dan  akurat.

Baca juga : Alasan Kaki Palsu nyaman di pakai

Untuk pemesanan bisa via online atau datang langsung ke tempat kami :

WORKSHOP PUSAT JOP Madiun

JL . Kalimosodo no 77, kelurahan Josenan, Kecamatan Taman, Kota MADIUN – Jawa Timur

WORKSHOP CABANG JOP Malang

Perum  GRIYA ASRI BANJARARUM Blok C Nomor 10 Boro Panggung RT 02 RW 16, Banjararum, Kacamatan Singosari, Kabupaten MALANG – Jawa Timur , Kode pos 65153

WORKSHOP CABANG JOP Solo

JL. Gedongan Raya, Desa Gedongan, Kec. Colomadu, Kab. Karanganyar – Jawa Tengah

Informasi selengkapnya silahkan hubungi 085 780 000 084 / 081 329 259 419 / 0351-465274 atau klik link utama kami jop.co.id atau gojop.com sebagai sarana untuk anda mendapatkan informasi mendetail macam produk dan harganya.

Baca juga : Kaki Palsu Solo Jawa Tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *