Penyakit Diabetes Penyumbang Amputasi Pada Kaki

Penyakit Diabetes Penyumbang Amputasi Pada Kaki

Kaki Palsu – Amputasi pada kaki yang disebabkan oleh berbagai factor yaitu kecelakaan kerja, kecelakaan lalu lintas, kurang sejak lahir dan juga adanya suatu penyakit. Salah satu penyakit yang menyumbang angka amputasi yaitu penyakit diabetes.

Diabetes diketahui dapat menyebabkan beberapa masalah, termasuk stroke, serangan jantung, kebutaan, gagal ginjal, dan disfungsi saraf. Disfungsi saraf ini dapat mengakibatkan mati rasa. Mati rasa ini akan sangat berbahaya, karena rasa sakit yang dirasakan merupakan salah satu cara tubuh untuk melindungi luka parah ini. Dengan kondisi ini mudah sekali kaki mengalami luka dan bila dibiarkan maka luka akan semakin para menjadi ulkus diabetikum.

Ulkus merupakan luka terbuka pada permukaan kulit atau selaput lendir. Gangren merupakan suatu kondisi serius yang muncul ketika banyak jaringan tubuh mengalami nekrosis atau mati. Kondisi ini salah satunya dipicu oleh infeksi, luka, atau masalah kronis yang memengaruhi siklus darah.

Penyembuhan luka kaki diabetes juga terganggu akibat hambatan pada fase sintesis kolagen. Kaki diabetes yang tidak kunjung sembuh dapat menyebabkan morbiditas yang serius, termasuk gangguan emosi, kehilangan mobilitas, serta beban finansial yang besar.

Di Indonesia, penyakit diabetes penyumbang amputasi pada kaki dimana jumlah amputasi kaki yang disebabkan karena diabetes berkisar antara 15-30 persen dengan angka kematian pengidap ulkus atau gangren berkisar di antara 17-32 tahun.

Penanganan kaki diabetes harus dilakukan secara tepat untuk mengurangi angka morbiditas dan mortalitasnya, termasuk mortalitas pasca amputasi.

Amputasi adalah jalan terakhir yang dipilih, jika dianggap sudah tidak ada jalan lain dengan rasio manfaat dan risiko yang lebih baik.

Tujuan amputasi adalah untuk menghilangkan rasa sakit dan mencapai mobilitas yang cepat dengan penggunaan protesa. Keputusan melakukan amputasi pada pasien dengan kaki diabetes bergantung pada kondisi lokal luka kondisi sumber infeksi dari kaki diabetes.

Tindakan amputasi tentu akan memperngaruhi perubahan kehidupan seseorang termasuk pada amputasi kaki oleh pasien yang biasanya bisa melakukan aktifitas keseharian tentu akan mengalami keterhambatan mobiltas.

Namun sekarang ini tidak perlu khawatir, Penggunaan kaki palsu bisa menjadi pilihan efektif sebagai pengganti kaki yang hilang.

Bila anda menggunakan kaki palsu produk JOP Indonesia, anda bisa sewaktu-waktu bertanya atau melakukan konsultasi bila mengalami keluhan saat menggunakan kaki palsu. Hubungi nomor kami atau kunjungi alamat workshop terdekat bisa di Solo, Malang atau pusat Madiun.

WORKSHOP PUSAT JOP Madiun

JL . Kalimosodo no 77, kelurahan Josenan, Kecamatan Taman, Kota MADIUN – Jawa Timur

WORKSHOP CABANG JOP Malang

Perum  Griya Asri Banjar Arum Blok.C NO. 10, Banjar Arum, Kacamatan Singosari, Kabupaten Malang – Jawa Timur

Informasi selengkapnya silahkan hubungi 085 780 000 084 / 081 329 259 419 / 0351-465274 atau silahkan klik link utama kami jop.co.id atau gojop.com sebagai sarana untuk anda mendapatkan informasi mendetail macam produk dan harganya.

Baca juga :

5 Penyakit yang menyebabkan tindakan amputasi

Resiko yang biasa dialami pasca amputasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *