kerangka kaki palsu

Kerangka kaki palsu

Kaki palsu adalah alat ganti gerak tubuh bagian bawah yang hilang karena amputasi atau kurang sejak lahir. kerangka kaki palsu dibuat sesuai dengan jenis dan desain kaki palsu yang dibutuhkan dan diinginkan pasien. Kerangka kaki palsu yang menyeruapi asli akan menambah kepercayaan pengguna kaki palsu ketika memakainya.

kerangka kaki palsu

Ada berbagai desain kerangka kaki palsu yang dibuat oleh pembuat kaki palsu JOP untuk berbagai kondisi pasien. Setiap pasien memiliki kondisi dan latar belakang penggunaan kaki palsu yang berbeda – beda.

Ada dua jenis kaki palsu berdasarkan type keranga yaitu :

  • Tipe eksosleletal

Kerangka berupa kosmesis sebagai penyangga kaki palsu yang terbuat dari beberapa pilihan bahan, antara lain :

  • Polyesteresin

Bahan ini sering digunakan oleh pembuat kaki palsu lokal karena sifatnya yang ringan dan harga kaki palsu jenis ini juga lebih murah.

  • Polyetilen

Polyetilen merupakan material mahal yang memiliki beberapa fungsi penting, diantaranya :

  • Menyerap penyusutan polyetilen
  • Meredam guncangan pada stump
  • Alumunium

Bahan ini jarang digunakan oleh pembuat kaki palsu karena sifatnya yang sangat berat dan tidak dapat dibentuk mengikuti kast. Kelebihan bahan alumunium adalah mudah didapatkan dan sangat kuat.

  • Tipe endoskeletal

Kerangka pada kaki palsu tipe endoskeletal terbuat dari bahan stainless steel yang dirakit sesuai kebutuhan. Kerangka berada di dalam dengan cover spon lembut dan stocking. Hal ini membuat tampilan kaki palsu jenis ini menyerupai kaki asli.

Bahan stainless steel yang digunakan oleh pengrajin kaki palsu endoskeletal merupakan bahan pilihan yang didapatkan dari dalam negeri. Harga kaki palsu tipe endoskeletal dengan bahan lokal lebih murah dari pada harga kaki palsu import.

Bukan hanya kedua jenis kerangka diatas namun banyak karangka kaki palsu yang disesuaikan dengan jenis desain kaki palsu yang dinginkan dan dibutuhkan. perbedaan kondisi, keluhan, dan keinginan pasien yang berbeda – beda menjadi factor pengrajin kaki palsu membuat beberapa desain kaki palsu.

Beberapa latar belakang penggunaan kaki palsu yang membedakan jenis dan kerangka kaki palsu yang dibutuhkan pasien, antara lain :

  1. Amputasi

Amputasi adalah tindakan medis dengan melakukan pemotongan sebagian anggota tubuh untuk menyelamatkan anggota tubuh lainnya atau menyelamatkan nyawa seseorang. Amputasi dilakukan karena beberapa alasan, antara lain :

  • Trauma

Trauma karena kecelakaan kerja, trauma kecelakaan lalu lintas, terjatuh atau peristiwa lain yang mengakibatkan kerusakan pada anggota tubuh tertentu. Hal ini mengharuskan dilakukan pemotongan untuk mencegah kerusakan semakin parah dan berdampak pada anggota tubuh lainnya.

  • Penyakit

Penyakit tertentu seperti diabetes, tumor, kanker dan jenis penyakit lainnya yang menyebabkan penjalaran infeksi dan bisa menyebabkan kematian. Kerangka kaki palsu biasanya akan didesain dengan desain tetentu juga untuk pengguna kaki palsu dengan asal mula kecacatan suatu penyakit.

  • Sejak lahir

Kecacatan sejak lahir juga menjadi salah satu latar belakang penggunaan kaki palsu dan adakalanya membutuhkan kerangka kaki palsu dengan desain tertentu karena ekstremitas sisa yang terbentuk sejak lahir.

 

  1. Aktifitas pasien

Aktifitas pasien merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan dalam menentukan desain kerangka kaki palsu. Hal ini dikarenakan tujuan penggunaan kaki palsu dalam membantu dan mempermudah pasien beraktifitas.

 

  1. Lingkungan tempat tinggal pasien

Lingkungan tempat tinggal pasien juga akan mempengaruhi desain kerangka kaki palsu yang akan dibuat karena mempengaruhi fungsional kaki palsu.

 

  1. Desain yang diinginkan pasien untuk kepentingan penampilan

Tingkat kepercayaan diri pasien satu dengan yang lainnya berbeda – beda, sehingga ada kalanya pasien pengguna kaki palsu menginginkan desain kerangka yang berbeda dengan lainnya.

untuk pemesanan bisa via online atau datang langsung ke tempat kami di jl. Kalimosodo no 77, josenan – MADIUN – Jawa Timur, untuk informasi selengkapnya silahkan menghubungi kontak kami

085 780 000 084 / 081 329 259 419 / 0351-465274 atau untuk informasi produk lebih lanjut silahkan klik link utama kami jop.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *