Pentingnya Support Emosional dan Psikologi Untuk seseorang yang menjalani Amputasi

Pentingnya Support Emosional dan Psikologi Untuk seseorang  yang menjalani Amputasi

Pembuat Kaki Palsu – Reaksi psikologis pada seseorang yang selesain menjadi amputasi sangat bervariasi dan tergantung pada banyak faktor dan variabel. Dalam kebanyakan kasus, pengalaman dominan dari amputasi salah satunya adalah kehilangan, bukan hanya hilangnya anggota badan seperti kaki atas lutut atau bawah lutut yang jelas tetapi juga mengakibatkan kerugian dalam fungsi, citra diri, karir dan hubungan dengan orang lain.

Pentingnya Support Emosional dan Psikologi Untuk seseorang  yang menjalani Amputasi ini karena reaksi psikologis yang mungkin bersifat sementara, beberapa dapat dibantu secara konstruktif untuk dipulihkan, yang lain kurang begitu, dan beberapa mungkin memerlukan tindakan lebih lanjut (misalnya penilaian kejiwaan dalam kasus psikosis). Sekitar ≥30% orang yang diamputasi terganggu oleh depresi. Morbiditas psikologis, penurunan harga diri, citra tubuh terdistorsi, peningkatan ketergantungan, dan tingkat isolasi sosial yang signifikan juga diamati dalam tindak lanjut jangka pendek dan jangka panjang setelah amputasi.

Reaksi langsung terhadap berita amputasi tergantung pada apakah amputasi direncanakan, terjadi dalam konteks penyakit medis kronis atau diharuskan oleh timbulnya infeksi atau trauma secara tiba-tiba. Setelah mengetahui bahwa amputasi mungkin diperlukan, kecemasan sering terjadi bergantian dengan depresi. Mungkin kecemasan tentang nasib anggota badan yang akan diamputasi, serta tentang prospek nyeri kaki yang nantinya akan dialami, yang banyak pasien (yang tahu tentang orang yang diamputasi lainnya) mungkin akrab nyeri yang satu ini.

Post traumatic stress disorder (PTSD) tampaknya lebih sering terjadi pada orang yang diamputasi setelah pertempuran, cedera yang tidak disengaja, luka bakar, dan upaya bunuh diri. Sebaliknya, PTSD relatif jarang diantara orang yang diamputasi yang operasinya dikarenakan penyakit kronis.

Penampilan kosmetik tampaknya memainkan peran besar dalam sekuel psikologis amputasi. kepercayaan diri yang didefinisikan sebagai ‘gambaran psikologis individu tentang dirinya’ yang terganggu ketika anggota tubuhnya diamputasi. Reaksi terhadap amputasi mungkin tidak selalu negatif. Ketika amputasi terjadi setelah periode penyakit yang lama dan kehilangan fungsi tubuhnya, pasien mungkin sudah melalui periode berduka dan tidak perlu berduka lagi untuk penanganan amputasi.

Banyak alasan sebagai hal baik yang terjadi setelah amputasi seperti kemandirian yang diberikan kepada mereka oleh amputasi dan prostesis, perubahan selanjutnya dalam sikap hidup mereka, peningkatan kemampuan mengatasi kemandirian dan kepercayaan diri, manfaat finansial, penghapusan rasa sakit, dan bahwa amputasi adalah pembentukan karakter bagi beberapa dari mereka. Selain itu, menemukan makna positif secara signifikan dikaitkan dengan kemampuan fisik dan peringkat kesehatan yang lebih menguntungkan, tingkat Pembatasan Aktivitas Atletik yang lebih rendah dan tingkat Penyesuaian Pembatasan yang lebih tinggi.

Biasanya untuk mengembalikan kepercayaan diri seseorang akan ditemukan jalan keluar seperti penggunaan kaki palsu yang tepat dan terbaik sesuai kebutuhan, kondisi dan keinginan.

Mendapatkan prosthesis terbaik anda bisa hubungi JOP Indonesia, lakukan konsultasi detail dan seksama agar jenis maupun desain bisa tepat dan  akurat.

Baca juga : Di Madiun, Ada bengkel kaki palsu

Untuk pemesanan bisa via online atau datang langsung ke tempat kami :

WORKSHOP PUSAT JOP Madiun

JL . Kalimosodo no 77, kelurahan Josenan, Kecamatan Taman, Kota MADIUN – Jawa Timur

WORKSHOP CABANG JOP Malang

Perum  GRIYA ASRI BANJARARUM Blok C Nomor 10 Boro Panggung RT 02 RW 16, Banjararum, Kacamatan Singosari, Kabupaten MALANG – Jawa Timur , Kode pos 65153

WORKSHOP CABANG JOP Solo

JL. Gedongan Raya, Desa Gedongan, Kec. Colomadu, Kab. Karanganyar – Jawa Tengah

Informasi selengkapnya silahkan hubungi 085 780 000 084 / 081 329 259 419 / 0351-465274 atau untuk silahkan klik link utama kami jop.co.id atau gojop.com sebagai sarana untuk anda mendapatkan informasi mendetail macam produk dan harganya.

Baca juga : Harga kaki palsu Madiun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *