Komplikasi yang Bisa Terjadi Pada Luka Amputasi

Komplikasi yang Bisa Terjadi Pada Luka Amputasi

Kaki Palsu – Menjalani Amputasi tentunya akan berdampak pada emosi, pisikis dan juga pada kondisi tubuh, karena metode amputasi juga kemungkinan memberikan komplikasi yang bisa terjadi pada luka Amputasi. Oleh sebab itu proses rehabilitas setelah amputasi harus di lakukan dengan tepat dan benar.

Salah satu kondisi yang harus ditangani dengan amputasi adalah infeksi parah pada bagian tubuh tertentu. Dalam hal ini, amputasi menjadi satu-satunya jalan keluar agar kerusakan pada bagian tubuh tersebut tidak menyebar dan menyebabkan kondisi yang lebih parah. Amputasi biasanya merupakan pilihan terakhir dan baru akan dilakukan saat sudah tidak ada acara lain yang bisa diambil untuk mengatasi penyakit.

Selain infeksi, ada beberapa kondisi lain yang bisa meningkatkan risiko seseorang harus diamputasi, mulai dari cedera, luka yang tak kunjung sembuh dan membahayakan, digigit binatang buas, serta riwayat penyakit tertentu. Risiko amputasi menjadi lebih besar pada orang yang mengidap penyakit, seperti penyakit arteri perifer, diabetes, infeksi jaringan lunak, serta sarkoma.

Jika dilakukan dengan benar dan atas perencanaan matang, amputasi jarang menyebabkan komplikasi yang berbahaya. Namun, tetap ada risiko komplikasi. Reaksi yang muncul setelah proses amputasi bisa beragam, tergantung pada kondisi dan penyebab seseorang harus diamputasi. Lantas, apa saja komplikasi yang Bisa Terjadi Pada Luka Amputasi

Perdarahan

Prosedur amputasi bisa menyebabkan terjadinya perdarahan. Namun, risiko ini cenderung lebih kecil jika amputasi dilakukan dengan benar dan terencana.

Infeksi

Bekas luka dari prosedur amputasi yang dilakukan bisa saja menyebabkan bagian tubuh tertentu menjadi infeksi. Risiko menjadi lebih besar pada orang yang tidak merawat luka dengan benar setelah menjalani amputasi.

 Nyeri

Muncul nyeri di sekitar bagian tubuh yang baru diamputasi adalah hal yang normal terjadi. Tapi hati-hati, waspadai nyeri yang berkelanjutan dan tak kunjung membaik. Jika itu yang terjadi, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya serta menghindari komplikasi.

Kerusakan Jaringan Tubuh

Amputasi juga bisa menyebabkan komplikasi berupa kerusakan jaringan tubuh. Prosedur ini bisa menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan saraf.

Phantom Limb Pain

Setelah seseorang menjalani amputasi, bisa saja ia masih merasakan sensasi nyeri pada bagian tubuh yang sudah diambil atau sudah tidak ada. Kondisi ini disebut dengan istilah phantom limb pain.

Gangguan Psikologis

Selain komplikasi berupa masalah pada fisik, amputasi juga bisa menyebabkan gangguan pada kondisi psikologis. Amputasi bisa menyebabkan seseorang menjalani masalah pada psikologis dalam beberapa tahap, mulai dari penyangkalan, menolak, marah, berusaha mencegah amputasi, hingga depresi.

Namun biasanya, seiring dengan berjalannya waktu, orang yang baru diamputasi akan mulai bisa menerima. Setelah beberapa saat, ia akan masuk pada tahap penerimaan bahwa amputasi memang harus dilakukan dan semua akan tetap baik-baik saja. Dia akan mulai mengerti bahwa melakukan amputasi adalah pilihan terbaik untuk mencegah kondisi menjadi lebih buruk. 

Penggunaan alat ganti kaki, seperti kaki palsu juga akan mempunyai banyak manfaat untuk mobilitas penggunanya. Maka dari itu, biasanya jalan terbaik untuk mengatasi hal-hal tentang amputasi kaki adalah penggunaan kaki palsu atas lutut maupun bawah lutut atau jenis lain.

Mendapatkan prosthesis terbaik anda bisa hubungi JOP Indonesia, lakukan konsultasi detail dan seksama agar jenis maupun desain bisa tepat dan  akurat.

Baca juga : Kaki Palsu Solo Jawa Tengah

Untuk pemesanan bisa via online atau datang langsung ke tempat kami :

WORKSHOP PUSAT JOP Madiun

JL . Kalimosodo no 77, kelurahan Josenan, Kecamatan Taman, Kota MADIUN – Jawa Timur

WORKSHOP CABANG JOP Malang

Perum  GRIYA ASRI BANJARARUM Blok C Nomor 10 Boro Panggung RT 02 RW 16, Banjararum, Kacamatan Singosari, Kabupaten MALANG – Jawa Timur , Kode pos 65153

WORKSHOP CABANG JOP Solo

JL. Gedongan Raya, Desa Gedongan, Kec. Colomadu, Kab. Karanganyar – Jawa Tengah

Informasi selengkapnya silahkan hubungi 085 780 000 084 / 081 329 259 419 / 0351-465274 atau klik link utama kami jop.co.id atau gojop.com sebagai sarana untuk anda mendapatkan informasi mendetail macam produk dan harganya.

Baca juga : Cara pesan kaki palsu syme

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *