Begini Cara Perawatan Pasein Amputasi yang Benar

Begini Cara Perawatan Pasein Amputasi  yang Benar

Anda atau keluarga anda yang mengalami amputasi baik kaki atau tangan tentunya dibutuhkan proses perawatan yang baik agar bisa memberikan hasil tersebut untuk mencapai tujuan pemulihan dan rehabilitasi pasien amputasi dengan kerjasama antar pasien, keluarga dan pihak medis.

Pasien yang mengalami amputasi tentu akan kesulitan untuk menerima kondisi, proses penyembuhan, rehabilitasi dan proses kembalinya pasien ke masyarakat. Oleh karena itu, pasien membutuhkan dukungan sehingga tetap sehat dan kuat secara psikologis, mental, dan emosional, agar pasien dapat terus melewati tahap yang ada hingga dapat kembali hidup normal dan menerima keadaannya.

Nah, Begini cara perawatan pasien amputasi yang benar yang terdiri dari berabagai tahapan dari proses awal penentuan rencana amputasi sampai dengan edukasi efek akan amputasi. Tentunya ini dilakukan dengan dampingan dari pihak keluarga.

Penyembuahan luka awal biasanya di lakukan di rumah sakit kurang lebih 5-14 hari dengan tujuan untuk menyembuhkan luka yang disebabkan oleh operasi. Dokter akan merawat luka, sehingga tidak muncul memar dan bengkak serta mengurangi kemungkinan resiko infeksi. Jika bagian tubuh yang diamputasi adalah kaki pasien, pasien juga akan dilatih untuk menggunakan kursi roda.

Rehabilitasi awal dirumah yang di lakukan dengan tepat dengan kondisi yang sudah cukup sembuh dan mampu meninggalkan rumah sakit. Tujuan dari tahap ini adalah melatih pasien agar dapat hidup dengan anggota tubuh yang telah hilang, dimulai dengan membersihkan daerah anggota badan bekas amputasi. Meskipun pasien amputasi telah meninggalkan rumah sakit, luka dari bekas luka membutuhkan waktu 3-4 minggu untuk menutup dan bahkan luka dalam membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh. Untuk menyembuhkan daerah bekas amputasi, pasien dapat melakukan terapi kompres, yaitu penggunaan krim perawatan kulit dan latihan untuk membuat tubuh dapat menopang berat dari prostesis yang akan dipasang nantinya.

Tahapan pemulihan pada waktu 4-6 bulan dimana bagian tubuh yang diamputasi sudah sembuh total, dimanawaktu ini bisa melakukan pemasangan bagian tubuh palsu. Ketika memasang prostesis kaki, pasien akan dilatih bagaimana menggunakan prostesis untuk berjalan dengan baik tanpa menekannya secara berlebihan pada bagian tubuh lainnya.

Sebaiknya sebelum proses pemasangan prosthesis bisa di lakukan persiapan menerima, yaitu latihan otot otot pada stump agar nantinya tidak kesulitan akan memekainya.

Dalam proses pemesanan prosthesis tentunya dibutuhkan proses konsultasi, wawancara dan juga proses pengukuran. Kami tim JOP akan selalu memberikan informasi terkait latihan apa saja yang perlu di lakukan dirumah sambil menunggu prosthesis jadi atau siap digunakan.

Cara Perawatan Pasein Amputasi  yang Benar ini diharapkan akan mengurangi resiko komplikasi akan perawatan. Komplikasi perawatan pasien amputasi biasanya terjadi akibat operasi dan proses penyembuhan luka. Persiapan sebelum operasi sangat penting karena pada tahap ini kondisi kesehatan lainnya.

baca juga : amputasi yang terjadi pada kaki

Mendapatkan kaki palsu yang terbik anda bisa pesan ke JOP indonesia.  proses pemesanan tangan palsu bisa di lakukan dengan cara online ataupun offline. kunjungi paltfrom JOP di jop.co.id atau gojop.com sebagai sarana untuk anda mendapatkan informasi mendetail akan tangan palsu.

kunjungi alamat workshop kami juga di jl. kalimosodo no.77 kelurahan Josenan kecamatan Taman kota Madiun. lokasi bisa di akses pada google map yaitu pusat kaki palsu. hubungi nomor kontak  kami 085 780 000 084 / 081 329 259 419 / 0351-465274 , untuk mendapatkan informasi mendetail dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *