bengkel kaki palsu lokal

Bengkel kaki palsu lokal

Dalam proses pembuatan kaki palsu tentu membutuhkan tempat khusus untuk melakukan proses pembuatan kaki palsu dengan bahan dan komponen lokal, tempat tersebut biasa disebut dengan bengkel kaki palsu lokal.

bengkel kaki palsu lokal

Bengkel kaki palsu lokal adalah tempat dilakukannya proses pembuatan dan perakitan berbagai jenis kaki palsu dengan bahan dan komponen lokal yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pasien, sehingga penggunaan nyaman dan berfungsi optimal.

Bahan dan komponen yang digunakan di bengkel kaki palsu lokal yaitu dari dalam negeri atau lokal dengan kaki palsu yang dihasilkan memiliki harga yang lebih murah dibandingkan kaki palsu import.

Sebelum proses pembuatan kaki palsu yang berlangsung di bengkel kaki palsu lokal, tentu dibutuhkan tahap pemesanan kaki palsu yang tentu harus dilakukan observasi untuk menentukan jenis kaki palsu yang tepat.

Nah dalam penentuan jenis kaki palsu agar tepat, nyaman digunakan dan berfungsi optimal, pembuat kaki palsu akan melakukan beberapa aspek pertimbangan, meliputi :

  1. Level amputasi
  2. Kondisi pasien secara umum

Setiap pasien memiliki kondisi yang berbeda – beda baik dari factor kesehatan, usia, kebiasaan, atau aktifitas – aktifitas yang dilakukan masing – masing pasien.

  1. Asal mula kecacatan

Beberapa hal yang menjadi factor seseorang yang mengharuskannya menggunakan kaki palsu, antara lain :

  • Penyakit yang menyebabkan penjalaran infeksi hingga ke tulang bahkan menyebabkan kematian, misalnya : diabetes, kanker, infeksi, tumor, dan lain – lain
  • Trauma yang menyebabkan kerusakan atau kematian bagian tubuh tertentu dan harus dilakukan pemotongan untuk menyelamatkan fungsional bagian tubuh lainnya.
  • Kecacatan sejak lahir atau terjadinya kegagalan pembentukan anggota tubuh tertentu sejak dalam rahim
  1. Aktifitas pasien

Setiap pasien memiliki level aktifitas yang berbeda – beda sehingga membutuhkan jenis kaki palsu yang berbeda pula. Misalnya seorang pekerja bangunan membutuhkan kaki palsu yang lebih kuat dan awet, seorang petani membutuhkan kaki palsu yang anti air, sedangkan seseorang pekerja kantoran akan lebih menginginkan kaki palsu semirip mungkin dengan kaki asli.

  1. Desain kaki palsu guna menambah penampilan

Setiap pasien memiliki keluhan, keinginan, dan kebutuhan yang berbeda – beda terhadap kaki palsu yang digunakan. Beberapa hal yang dilakukan dalam proses pembuatan kaki palsu di bengkel kaki palsu, antara lain :

  1. Pengukuran

Pengukuran dilakukan pada stump ( ekstremitas sisa ) dan pada kaki normal, hal ini bertujuan agar pembuatan socket pas dan didapatkan keseimbangan antara kaki palsu dengan kaki normal. Untuk pasien online pengukuran akan dipandu oleh ahli prosthesis melalui media komunikasi yang ada.

  1. Pencetakan socket

Setelah diketahui ukuran stump dilanjutkan dengan pencetakan socket. Socket berfungsi sebagai penyangga stump dan mendistribusikan tubuh dengan kaki palsu.

  1. Latihan jalan ( jika pasien datang ke bengkel kaki palsu )

Latihan jalan dilakukan dengan tujuan untuk koreksi bila ada yang kurang pas dan untuk pasien sendiri yang terutama pertama kali menggunakan kaki palsu.

  1. Finishing

Finishing dilakukan dengan mengkover kerangka kaki palsu dan pemasangan suspensi yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan pasien.

untuk pemesanan bisa via online atau datang langsung ke tempat kami di jl. Kalimosodo no 77, josenan – MADIUN – Jawa Timur, untuk informasi selengkapnya silahkan menghubungi kontak kami

085 780 000 084 / 081 329 259 419 / 0351 – 465 274 atau untuk informasi produk lebih lanjut silahkan klik link utama kami jop.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *