Cara Memakai dan Tips Merawat Kaki Palsu

Cara Memakai dan Tips Merawat Kaki Palsu

Memiliki kaki palsu merupakan keinginan para difabel yang mengalami kehilangan kaki baik dengan kondisi sebab kecelakaan atau kurang sejak lahir. Penggunan kaki palsu ini bertujuan untuk mendukung kemudahan agar bisa kembali melakukan beragam aktifitas keseharian dengan lebih baik dan mandiri.

Menggunakan kaki palsu tentu dibutuhkan ilmu agar pemakaian bisa tepat dan nyaman digunakan. Cara memakai dan tips merawat kaki palsu harus di perhatikan berbagai aspek sebagai berikut baik pada jenis dan desain kaki palsu yang berbeda.

Kondisi stump sembuh total

Sebab amputasi karena trauma atau penyakit tentu butuh penyembuhan, agar tidak menimbulkan infeksi karena pemaksaan pemakaian kaki palsu pada stump yang masih luka paska operasi. Pemakaian kaki palsu baru bisa di lakukan 3-6 bulan setelah operasi apa lagi bila amputasi bedah sebab penyakti diabetes.

 Lakukan latihan

Sebelum pemakaian kaki palsu sebaiknya pasien melakukan latihan pada stump agar nantinya saat menggunakan kaki palsu bisa mudah beradaptasi. Latihan sebelum penggunaan kaki palsu yaitu merangkak, peregangan otot dengan cara menekuk lutut dan menendang atau menekuk sendi panggul dan meluruskan dan lain sebagainya. Lakukan latihan ini sebelum memesan kaki palsu,  bisa juga pada saat menunggu penyembuhan luka

Menggunakan kaos kaki sebagai alas stump

Tujuan penggunaan kaos kaki ini selain sebagai pemisah stump dan socket adanya kaos kaki juga akan lebih mudah dalam pemasangan.

Lakukan pemakaian sesuai panduan

Setiap pasien yang melakukan pemesanan kaki palsu ke JOP akan diajari cara memakaai kaki palsu yang benar dan tepat, dengan begitu pengguna bisa mudah sekali memakai dan beradaptasi dengan adanya kaki palsu

Untuk perawatan kaki palsu sebagiknya dilepas setelah selesai beraktivitas. Bersihkan kaki palsu dengan cara dilap lalu diangin-anginkan agar tidak lembap tidak perlu dicuci. Telapak kaki bisa di alasi dengan sandal atau sepatu agar telapak kaki palsu tidak mudah rusak dan kotor. Jika perlu, diberi wewangian agar segar dan jangan lupa membersihkan bagian tubuh yang diamputasi.

baca juga : Manfaat rajin berjalan kaki dengan kaki palsu

Proses pemesanan kaki palsu bisa di lakukan dengan cara online ataupun offline. kunjungi paltfrom JOP di jop.co.id sebagai sarana untuk anda mendapatkan informasi mendetail akan kaki palsu.

kunjungi alamat workshop kami juga di jl. kalimosodo no.77 kelurahan Josenan kecamatan Taman kota Madiun. lokasi bisa di akses pada google map yaitu pusat kaki palsu. hubungi nomor kontak  kami 085 780 000 084 / 081 329 259 419 / 0351-465274 , untuk mendapatkan informasi mendetail dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *