kaki palsu tepat sendi panggul

Kaki palsu tepat sendi panggul

Salah satu jenis kaki palsu berdasarkan level amputasi yaitu kaki palsu tepat sendi panggul. Kaki palsu ini diindikasikan untuk pasien yang kehilangan kakinya sampai sendi panggul.

kaki palsu tepat sendi panggul

 

Jenis berdasarkan level amputasi itu ada banyak meliputi, kaki palsu tepat sendi panggul, atas lutut, tepat lutut, bawah lutut, tepat pegelangan kaki dan setelah telapak kaki.

Selain berdasarkan level amputasi juga dibuat berdasarkan kebutuhan pengguna. Hal ini dikarenakan kondisi pasien satu dengan pasien yang lain berbeda, sehingga kaki yang dibutuhkan juga berbeda. Yang mana bertujuan untuk mendapatkan kaki palsu yang dibutuhkan dengan tepat. penggunaan kaki palsu yang dibuat sesuai kebutuhan maka penggunaanya dapat berfungsi maksimal.

Berikut beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kaki palsu tepat sendi panggul :

  • Kondisi kesehatan pasien secara umum
  • Pekerjaan,  aktifitas keseharian dan hobi pengguna
  • Lingkungan tempat hidup pasien
  • Desain yang sesuai keinginan

Pada kaki palsu tepat sendi panggul terdapat komponen meliputi kaki secara menyeluruh dengan komponen sebagai berikut :

  • Socket

Socket adalah bagian paling penting pada prostheses yang menghubungkan tubuh dengan prosthesis. Socket dibuat sesesuai dan senyaman mungkin sebagai penyangga berat badan . Perhatian pada pembentukan dinding medial di wilayah iskiadika penting untuk meningkatkan kontrol dari prosthesis untuk berjalan dan duduk.

  • Komponen paha

Komponen paha merupakan penghubung socket dengan sendi lutut yang kemudian mendistribusikan berat tubuh kebawah. Ukuran panjang paha prosthesis disesuaikan dengan paha aslinya.

  • Komponen sendi lutut

Sendi lutut merupakan komponen pada prosthesis kaki palsu tepat sendi panggul yang dibuat seperti lutut sebenarnya yaitu dapat ditekuk dan menciptakan ayunan kaki/ betis ketika berjalan.

  • Komponen kaki / betis

Komponen kaki / betis pada kaki palsu tepat sendi panggul dapat dibuat sama dengan kaki pada prosthesis atas lutut atau prosthesis bawah lutut. Panjang komponen betis juga harus diperhatikan dan disesuaikan dengan panjang betis pada kaki normal agar tercipta keseimbangan ketika berdiri atau berjalan

  • Komponen telapak kaki

Telapak kaki merupakan tumpuan seluruh berat tubuh manusia. Telapak kaki dibuat dengan sendi ankle yang menghubungkan kaki / betis dengan telapak kaki dan dapat digerakan sebagaimana sendi pergelangan kaki sebenarnya sehingga fleksi ketika digunakan untuk berjalan.

Seluruh komponen kaki palsu tepat sendi panggul berperan menopang berat tubuh untuk berdiri dan berjalan. Setiap komponen harus diperhatikan secara detail agar kestabilan dan manfaat yang optimal serta kenyamanan didapatkan.

untuk pemesanan bisa via online atau datang langsung ke tempat kami di jl. Kalimosodo no 77, josenan – MADIUN – Jawa Timur, untuk informasi selengkapnya silahkan menghubungi kontak kami

085 780 000 084 / 081 329 259 419 / 0351-465274 atau untuk informasi produk lebih lanjut silahkan klik link utama kami jop.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *